Membiasakan Muroja'ah Untuk Anak

Muroja'ah atau mengulang kembali hafalan Al Qur'an yang telah dimiliki merupakan agenda wajib bagi seorang penghafal Al Quran. Tidak mudah bagi setiap orang untuk konsisten muroja'ah setiap hari. Saya sendiri belum mampu melaksanakannya. Namun, Alhamdulillah saya dan suami mulai bisa membiasakannya pada anak-anak kami beberapa bulan belakangan.

Pada awalnya, kami pun merasa terbebani dengan agenda muroja'ah tiap hari ini. Mengkondisikan anak-anak yang masih 'males' di pagi hari untuk mau menghafal tentu tidak mudah. Kami memang memilih waktu di pagi hari setelah sholat subuh, karena memang hanya itu waktu luang yang kami punya. Berbagai bujukan, rayuan hingga paksaan pun pernah kami lakukan. Alhamdulillah, dengan izin Allah, sekarang agenda muroja'ah tiap pagi menjadi kebiasaan. Yang dulunya harus dirayu-rayu lama, sekarang mas adzka sudah mulai meminta untuk muroja'ah. Bahkan adeknya pun ikutan minta  muroja'ah. Apa resepnya? Saya sendiri kurang tau -_-' *maaf ya kalau malah jadi bingung hehe

Jujur saja, tidak ada resep khusus agar anak bisa sadar diri untuk muroja'ah. Kami hanya mencoba konsisten agar setiap hari anak bisa bermuroja'ah. Kadang kala lupa atau terlewat juga sih. Tapi, kalau terlewat, akan kami rapel di hari berikutnya. Sehingga, yang tadinya tidak biasa menjadi kebiasaan yang menyenangkan. Mungkin hal ini cocok dengan ungkapan "witing tresno jalaran soko kulino" (datangnya cinta karena terbiasa). Karena kegiatan muroja'ah ini dilakukan tiap hari tanpa henti, secara tidak langsung akan membangunkan alarm dari dalam diri secara otomatis. Seperti sholat, kita semua pasti sudah secara otomatis melaksanakan sholat ketika ada panggilan adzan. Hal ini terjadi karena kita sudah dibiasakan untuk sholat dalam kurun waktu yang lama.

Agar bisa konsisten melaksanakan agenda ini setiap hari tentu orang tua harus memiliki tekad dan perencanaan yang baik. Hanya mengulang hafalan saja apakah perlu perencanaan? Perlu banget! Tanpa perencanaan yang baik, pasti tidak akan memperoleh hasil yang maksimal.Saya mencoba untuk berbagi beberapa hal yang saya lakukan dalam agenda muroja'ah. Disini yang saya contohkan adalah agenda untuk anak-anak. Tetapi tentu saja bisa diterapkan juga untuk orang dewasa.

Pertama, luruskan niat hanya untuk meraih ridho Allah

Kedua, tentukan berapa jumlah surat yang akan dihafal dalam kurun waktu satu bulan. Tidak perlu banyak-banyak untuk awalannya. Misalnya mulai dari Surat An-Naas sampai Al Kafirun, terdapat enam surat. Bisa dikurangi atau ditambah, sesuaikan dengan kemampuan anak-anak kita.

Ketiga, tetapkan kapan waktu untuk muroja'ah. Pastikan pada waktu tersebut tidak ada kegiatan lain yang mengganggu. Kalau kami di rumah paling enak itu pagi setelah Sholat Subuh.

Keempat, buat lembar mutaba'ah muroja'ah. Buatlah tiga buah kolom yang terdiri dari tanggal, surat, dan keterangan. Kemudian, isikan tanggal 1-30 pada kolom tanggal. Pada kolom surat, tentukan dua surat saja untuk dihafalkan dalam satu hari. Contoh: tanggal 1, Surat An-Naas dan Al Falaq. Tanggal 2, Surat Al Ikhlas dan Al Lahab. Tanggal 3, Surat An Nashr dan Al Kafirun. Kemudian Tanggal 4,5,6 diulang lagi dari awal. Begitu seterusnya sampai tanggal 30.
Setelah selesai satu bulan, buat lagi agenda baru dengan menambah jumlah surat yang akan dihafal. Tetapi, surat yang dihafal dibulan pertama tetap harus dihafal juga di bulan berikutnya. Beban hafalan bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing anak. Karena kemampuan menghafal pada anak itu berbeda-beda.
Untuk kolom keterangan, bisa diisikan dengan kesalahan bacaan, tajwid, ataupun sikap anak-anak pada saat muroja'ah. Kolom ini nantinya bisa dijadikan sebagai acuan evaluasi.

Kelima, kerjasama yang baik dengan pasangan.

Keenam, berdoa agar dimudahkan untuk membimbing anak-anak bermuroja'ah.

Saya rasa cukup sekian tips2 yang bisa saya bagi untuk pembaca. Mohon maaf apabila ada kekurangan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Kebenaran datangnya dari Allah, dan apabila ada kesalahan itu datangnya dari diri saya pribadi.

#PerempuanBPSMenulis
#MenulisAsyikDanBahagia
#15HariBercerita
#HariKe2

No comments:

Post a Comment

My Instagram