Infografis: Inovasi Terkini Dari BPS

Badan Pusat Statistik merupakan lembaga pemerintah non kementrian yang bertanggung jawab melaksanakan tugas pemerintah di bidang statistik. Tugas BPS di bidang statistik meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengolahan hingga penyajian data statistik baik kepada pemerintah maupun masyarakat. Dalam pelaksanaannya, tentu saja BPS harus terus melakukan inovasi agar data yang dihasilkan lebih berkualitas. Salah satu hal yang menjadi perhatian BPS untuk terus dikembangkan yaitu mengenai pelayanan publik.

Beberapa prestasi telah ditorehkan oleh BPS di bidang pelayanan publik. Salah satunya adalah terpilihnya website BPS sebagai top 35 dalam inovasi pelayanan publik tahun 2016. Selain itu, dalam penilaian PEGI atau Pemeringkatan E-Government Indonesia Tingkat LPNK tahun 2015, BPS menduduki peringkat satu. Sungguh, suatu prestasi yang membanggakan sekaligus wajib untuk dipertahankan.

Oleh karena itu, BPS tidak berhenti sampai di sini saja. BPS terus melakukan inovasi di bidang pelayanan publik. Salah satunya dengan mengembangkan infografis. Infografis merupakan salah satu teknik penyajian data dalam bentuk grafis. Data yang sebelumnya berupa angka-angka, disajikan dalam bentuk grafis atau gambar. Harapannya, dengan adanya infografis, data yang disajikan bisa lebih mudah dipahami dan menarik. BPS pun mulai menggalakkan program infografis ini sampai ke BPS Kabupaten/Kota.

Untuk meningkatkan kualitas infografis yang dihasilkan, BPS telah menyelenggarakan beberapa pelatihan yang diikuti oleh pegawai BPS di lingkungan pusat maupun daerah. BPS pun pernah menyelenggarakan lomba infografis untuk memancing kreatifitas pegawai BPS. Semua kegiatan ini bertujuan agar BPS dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada publik.

#PerempuanBPSMenulis
#MenulisAsyikDanBahagia
#15HariBercerita
#HariKe7

No comments:

Post a Comment

My Instagram