Beasiswa S2 GCIO Kementrian Kominfo

Keinginan untuk mendaftar kuliah lagi muncul di tahun ke-lima setelah saya bekerja di BPS. Pada awalnya keinginan itu belum terlalu menggebu-gebu. Disamping karena anak-anak yang masih terlalu kecil sehingga banyak menyita perhatian saya. Kebanyakan beasiswa yang ditawarkan, tempat perkuliahannya berada di luar kota. Jelas saja saya tidak tertarik. Saya ingin kuliah, tapi saya tidak mau meninggalkan anak-anak. Ini sudah menjadi prinsip saya, dan di-amin-i juga oleh suami. 

Iseng-iseng saya melihat-lihat tawaran beasiswa dari Kementrian Kominfo, beasiswa S2 GCIO. Dari namanya saja saya sudah merasa asing. Padahal, saya lulusan D4 Komputasi Statistik. Yahh, masih ada lah hubungannya dengan komputer dan teknologi informasi. Lalu, apakah sebenarnya GCIO?

CIO, atau singkatan dari Chief Information Officer biasanya merujuk pada sebuah jabatan yang bertanggung jawab pada setiap strategi dan keputusan yang berkaitan dengan teknologi informasi di suatu perusahaan. Lalu, singkatan apakah huruf G-nya? G merujuk pada Government. Jadi, GCIO atau Government Chief Information Officer adalah CIO yang dikhususkan untuk instansi pemerintah. Dengan demikian, beasiswa GCIO ini memang hanya ditujukan untuk pegawai negeri sipil baik di lingkungan pemerintah pusat maupun daerah.

Di era teknologi yang semakin berkembang dengan pesat ini, perlu sumber daya manusia handal yang menguasai bidang Teknologi Informasi (TI) di lingkungan pemerintahan. Harapannya, SDM ini nantinya menjadi ujung tombak pengembangan TI di instansi masing-masing. Oleh karena itu, Kementrian Kominfo membuka beasiswa S2 GCIO ini. Beasiswa ini dibuka di beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia. Yaitu, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Universitas Negeri Padang.

Lalu, apakah yang mendaftar harus dari jurusan S1 Teknologi Informasi? Ternyata tidak, Lulusan S1 dengan berbagai latar belakang jurusan bisa mendaftar beasiswa ini. Justru yang terpenting adalah pengalaman kerja di bidang Teknologi Informasi. Nah, bagaimana dengan tunjangannya? Ini nih yang sering kali ditanyakan. Ada sih tunjangan dari Kementrian Kominfo yang diberikan setiap beberapa bulan sekali. Tapi, besarannya jangan dibandingkan dengan beasiswa-beasiswa yang lain ya...;)

Dari prinsip yang saya pegang tadi, maka saya menjatuhkan pilihan untuk mendaftar ke GCIO Universitas Indonesia. Hampir sebagian besar perkuliahan dilakukan di kampus Salemba. Sehingga, masih terjangkau dengan perjalanan pulang pergi dari rumah. Yang tertarik dengan beasiswa ini, langsung saja klik link berikut: Beasiswa S2 GCIO.

#PerempuanBPSMenulis
#MenulisAsyikDanBahagia
#15HariBercerita
#HariKe5

No comments:

Post a Comment

My Instagram